Obat Penyakit Eksim,Budug,Gudik dan Gatal Kulit Lainnya

Obat Penyakit Eksim -Penyakit Exim atau medis menyebutkan dengan nama dermatitis atopik. Merupakan kondisi dimana kulit menjadi kering, gatal (kronis), kulit terlihat bersisik atau pecah pecah dan berwarna kemerahan. Penyakit Eksim merupakan jenis penyakit jangka panjang dan gejalanya dapat membaik, lalu kembali kambuh yang bisa saja menjadi lebih parah. Untuk mendapatkan Obat Penyakit Eksim bisa anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau spesilis kulit. Guna mengetahui lebih lanjut mengenai penyakitnya. Karena bisa saja gejala yang muncul bukan berarti penyakit eksim, Bisa jamur atau Penyakit Herpes.

Penyakit Eksim

Obat Penyakit Eksim -Eksim terjadi karena peradangan pada lapisan kulit, baik itu di lapisan epidermis maupun dermis. Penyebab penyakit eksim di kulit (salah satunya) karena alergi. Eksim sebuah kondisi kulit yang menyerupai aleregi, berupa kemerah-merahan dan bersisik. Penyakit eksim (istilah kedokteran disebut radang di kulit). dipicu karena adanya zat asam yang berlebihan pada kelenjar getah bening. Penyebab lainnya karena terjadinya proses detoksifikasi pada tubuh melalui ginjal dan lambung, yang melalui pori-pori kulit. sehingga bisa memicu eksim.

Penyakit Eksim Atopik sendiri merupakan kondisi peradangan di kulit yang ditandai dengan adanya kulit kering dan berwarna kemerahan, sedangkan kata atopik mengacu pada orang-orang yang cenderung memiliki alergi tertentu. Penderita eksim atopik ini berisiko mengalami kondisi atopik lainnya, seperti asma dan hay fever.

Obat Penyakit Eksim

Beberapa jenis eksim lainnya adalah ( Obat Penyakit Eksim ) :

Dermatitis verikosa, adalah jenis eksim yang paling sering mengenai bagian bawah kaki dan disebabkan masalah aliran darah melalui vena kaki.

  • Dermatitis numularis, jenis eksim ini banyak menyerang wanita dan membentuk ruam merah berbentuk koin.
  • dishidrotik (pompholyx), adalah jenis eksim yang menimbulkan luka lepuh kecil yang bisa pecah di sepanjang telapak tangan.
  • discoid, yaitu jenis eksim yang terjadi dengan bentuk lesi bulat atau oval.
  • stasis, yaitu jenis eksim yang membuat kulit menjadi keras dan meninggalkan ruam berwarna coklat.
  • seboroik, adalah jenis eksim yang tumbuh di sisi hidung, alis, telinga dan kulit kepala.
  • Dermatitis kontak, merupakan jenis eksim yang terjadi saat tubuh mengalami kontak dengan zat tertentu.

Ciri Ciri dari eksim seperti kulit yang kemerah-merahan, juga dapat berbentuk kulit yang kering, tetapi basah.

Obat Penyakit Eksim -Tanda tanda eksim juga dapat berbentuk tebal dan bersisik. Biasanya orang yang baru terkena eksim, warna kulitnya agak lebih merah, kemudian juga agak basah, yang juga disertai bengkak.

Adapun pada tahapan kronis atau sudah lama, maka kulit akan lebih tebal, bersisik, kering, dan warnanya agak kehitaman. Selain itu bisa timbul bentuk gelembung-gelembung pada kulit.

Juga ciri-cirinya eksim yaitu terjadinya inflamasi, yaitu reaksi tubuh terhadap benda asing, yang ditandai dengan rasa panas, bengkak, nyeri, dan gangguan. Dampaknya bisa membuat bagian organ tubuh tidak bisa difungsikan secara maksimal.

Obat Penyakit Eksim -Kulit yang kering dan terasa sangat gatal bisa menjadi gejala awal kondisi ini. Kulit akan mengalami iritasi dan memerah ketika kita mulai menggaruk bagian kulit yang terasa gatal. Jika digaruk terlalu sering, maka kulit dari area yang gatal tadi menebal dan dapat melepuh serta mengeluarkan cairan. Terkadang area yang mengalami radang tersebut dapat terserang infeksi. Seluruh gejala seperti kulit kering, gatal-gatal, dan inflamasi akan muncul dan menghilang. Selama ini terjadi, lapisan kulit akan menebal sehingga kulit terasa kasar.

Tingkat keparahan penyakit ini sangat bervariasi. Bagi penderita eksim yang ringan, hanya sebagian kecil kulit kering yang terkadang terasa gatal. Dalam kasus yang lebih parah, eksim dapat menimbulkan ruam merah yang menyebar ke seluruh tubuh dan rasa gatal terus-menerus.

Penyebab Penyakit Eksim

Penyakit Eksim sering disertai kondisi medis lain, seperti hay fever (alergi terhadap serbuk sari) dan asma. Hingga kini, penyebab sebenarnya belum diketahui.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa memperburuk gejala yang muncul akibat eksim :

Menggaruk kulit sehingga kulit mengalami luka atau iritasi.

  • Kulit yang kering.
  • Infeksi bakteri dan virus.
  • Cuaca panas dan perubahan tingkat kelembapan.
  • Keringat tubuh.
  • Cairan pelarut, pembersih, sabun, dan deterjen.
  • Makanan seperti telur, susu, kacang, kedelai, dan ikan. Terutama dampaknya kepada bayi dan anak kecil.
  • Debu dan serbuk sari.
  • Asap rokok dan polusi udara.
  • Pakaian, selimut atau karpet dari bahan wol.

Tanpa memerlukan pengobatan khusus, setengah dari kasus eksim akan menghilang dengan sendirinya. Eksim umumnya menghilang saat anak menginjak usia di atas 10 tahun.

Obat Penyakit Eksim ( yang tersedia pada medis )

Hampir sebagian besar penderita eksim akan merasakan gejala yang kumat-kumatan, dan terkadang tanpa ada pencetus yang jelas. Untuk mengurangi gejala dan frekuensi kekambuhan, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk:

Mencoba sebisa mungkin untuk tidak menggaruk area yang gatal. Apabila sudah tidak tertahankan, gosok daerah yang gatal dengan lembut tanpa menggunakan kuku.

Hindari paparan udara atau air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, karena kondisi yang ekstrem dapat memicu iritasi.

Gantilah sabun mandi Anda dengan sabun mandi yang mengandung pelembap (emolien).

Gunakanlah pakaian berbahan katun, karena lebih lembut untuk kulit.

Bilas baju setelah dicuci dengan deterjen hingga bersih, karena kandungan dalam deterjen diduga dapat mengiritasi kulit.

Pengobatan eksim perlu dilakukan ketika kondisi ini sudah sangat parah dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Emolien dan krim kortikosteroid adalah langkah utama obat penyakit eksim.

Faktor Yang Dapat Memicu Terjadinya Penyakit Eksim Seperti :

  1. Sabun ataupun detergen
  2. Kain dari wol ataupun jenis kain yang kasar
  3. Debu
  4. Alat kecantikan (Kosmetik)
  5. Perhiasan imitasi
  6. Daerah lembab pada kulit
  7. Kandungan yang tinggi zat kimia

Perlu diketahui, penyakit eksim ini mudah sekali menular, seperti memakai peralatan mandi secara bersamaan, pemakaian baju dan celana yang telah terinfeksi, bersentuhan kulit pnderita, yang intinya terkena dengan bagian kulit eksim sehingga menyebar.

Timbulnya eksim pada bayi biasanya disebabkan perubahan kebiasaan makan, kemudian juga kebiasaan mengganti-ganti merek susu formula.

Selain itu bayi yang tidak mendapatkan konsumsi ASI yang cukup. Faktor lainnya yaitu berupa perubahan cuaca, banyak keringat, sifat alergi terhadap sesuatu, dan debu di rumah.

This entry was posted in Obat Gatal Eksim Gudik Budug and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.